Tips Memotret dengan Kamera HP Agar Lebih Estetik & Instagramable

Mengambil gambar dengan kamera handphone nyatanya lebih banyak dilakukan orang, karena memang hp yang praktis dibawa kemana-mana daripada harus membawa kamera profesional seperti DSLR.

Memang tak masalah, asalkan tahu bagaimana tips memotret dengan kamera hp, maka hasil jepretan anda pun tak akan kalah bagusnya dengan kamera aslinya. Berikut tips yang bisa anda pelajari :

1. Usahakan handphone dalam posisi stabil

Ketika kestabilan handphone terjaga maka hasil fotonya pun bisa bagus, tidak blur. Bila tangan anda tidak dapat stabil ketika memegang hp manfaatkan lah benda yang ada di sekitar misalnya ranting pohon. Atau yang lebih modern sekarang sudah tersedia tripod.

2. Usahakan resolusi tinggi

Memerhatikan resolusi sangat penting sebagai tips memotret dengan kamera hp, sebab semakin tinggi resolusi foto berarti detailnya pun lebih banyak dan bisa dicetak dalam ukuran yang lebih besar dan tidak pecah.

Caranya jika pada hp anda tersedia pilihan resolusi pilihlah yang tertinggi, atau bila tidak usahakan anda yang mendekati objek foto bukannya di zoom, karena zoom menurunkan resolusi foto dan mengurangi ketajamannya.

3. Komposisi gambar

Meski dalam fotografi tidak ada batasannya, namun komposisi yang bagus antara objek foto dengan background bisa menghasilkan hasil foto yang bagus pula.

Misalnya background gambar tidak menjadi pusat perhatian daripada objek utama yang ingin ditampilkan dalam foto, misalnya puncak gunung terlihat tepat di atas kepala sehingga seolah-olah tumbuh dari kepala, ini tentu akan lebih diperhatikan orang yang melihat foto anda.

4. Perhatikan pencahayaan

Tips memotret dengan kamera hp tak bisa lepas dari pencahayaan karena objek yang mendapat cahaya cukup hasilnya akan lebih jelas dan enak dilihat, apalagi kamera hp tidak sesensitif dan sejelas mata kita dalam melihat objek di cahaya yang remang.

Bila tersedia menggunakan flash juga bisa menjadi pilihan namun hanya untuk objek dekat, karena flash tidak mampu menjangkau tempat yang jauh.

5. Kenali waktu jeda shutter hp anda

Biasanya, kamera handphone memiliki shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita menekan tombol shoot dengan saat kamera mulai mengambil gambar, tidak seperti kamera DSLR yang bisa mengambil gambar secepat saat kita menekan eksposur.

Mengenali waktu jeda shutter merupakan tips memotret dengan kamera hp yang bertujuan agar tangan kita tetap fokus sebelum foto sempurna diambil.

6. Perhatikan kebersihan lensa

Sebagus apapun objek foto hasilnya tentu akan buruk bila lensa kameranya sendiri kotor. Partikel seperti debu dan minyak yang menempel pada kamera bisa menghalangi pandangannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *