7 Tempat Wisata Sejarah Instagramable yang Wajib Dikunjungi di Malang

Hai guys!, kali ini rubrik akan membahas tentang apa-apa saja tempat wisata sejarah yang instagramable untuk kalangan anak muda sekarang, apalagi di zaman yang millennial banyak yang ingin berkunjung ke tempat yang tidak hanya menyediakan tempat wisata saja, tetapi keunikan-keunikan yang ada di tempat tersebutnya.

Salah satunya bisa kita lihat dalam wisata sejarah, apalagi sekarang tempat-tempat wisata tersebut banyak diminati pengunjung. Selain pengunjung disuguhi pemandangan yang bagus, unik, indah, dan harga yang murah tempat wisata sejarah juga menyuguhkan edukasi untuk kembali ke masa lalu dan bisa menjadi self reminder bagi setiap orang.

Berikut adalah tempat wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh anak muda millennial dalam mencari angle foto terbaik dan rekomendasi ini sesuai dengan pengalaman penulis, antara lain:

1. Museum Mpu Purwa

Tempat wisata sejarah ini merupakan sebuah museum yang baru diresmikan secara langung oleh Mendikbud tahun lalu. Tetapi jangan salah guys, walaupun baru diresmikan tetapi museum ini sudah mempunyai banyak fitur objek sejarah yang membuat pengunjung tidak mudah bosan apalagi untuk anak zaman millennial sekarang.

Isi dari museum ini antara lain menjelaskan tentang masa Majapahit dan masa Mpu Sendok dan peninggalan-peninggalannya. Benda-benda bersejarah itu bisa dilihat antara lain dalam bentuk arca, benda pemujaan zaman megalithikum (zaman batu besar), fragmen bangunan, serta naskah-naskah kuno.

Semua benda-benda peninggalan tersebut dimodifikasi dan ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi dan bergambar. Hal tersebut cocok untuk pembelajaran anak millennial sekarang, sehingga tidak bosan.

Lokasi museum ini berada di Jalan Soekarno-Hatta No.210, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru Malang (berada di tengah perumahan Griya Shanta Suhat Malang) dengan tiket masuk “gratis”.

Lokasi strategis dan dengan kelengkapan fasilitas dan tampilan museum yang beda dari museum-museum lainnya dijamin layak dijadikan tempat wisata yang instagramable sekali untuk foto. So, buruan ke sana.

2. Kampung Kayutangan Heritage

Tempat wisata sejarah ini merupakan komplek perkampungan yang ada di wilayah Kayutangan Malang. Perkampungan tersebut dijadikan tempat wisata sejarah karena perkampungan tersebut masih banyak mempertahankan arsitektur lama (arsitektur zaman kolonial Belanda).

Wisata sejarah ini diresmikan tahun 2018 dan rumah-rumah tersebut sudah disiapkan untuk menjadi tempat/titik swa foto yang dijamin instagramable sekali. Pemilik dari rumah tersebut bisa menceritakan sejarah dari rumah tersebut kepada pengunjung.

Tempat foto disetting dengan kesan klasik dan historis sehingga pengunjung benar-benar bisa merasakan suasana perkampungan pada masa Belanda.
Terdapat 3 akses menuju Kampung Kayutangan Heritage dimana setiap akses harga tiket masuk hanya 5000 rupiah.

Setiap pengunjung yang kesana akan diberi peta wisata Kayutangan dan kartu pos bergambar bangunan lawas. Jika ingin foto di dalam rumah tambah uang 10 ribu kepada pemilik rumah.

3. Museum Musik Indonesia (MMI)

Tempat wisata ini merupakan sebuah museum yang isinya khusus mengoleksi kaset-kaset musik Indonesia mulai dari zaman lawas sampai sekarang. Selain itu, dengan berkunjung ke museum tersebut, kita akan disuguhkan juga dengan pemandangan alat-alat musik legenda dari beberapa artis, kaset atau CD asli dari artis penyanyi, dan lain-lain.

Dijamin tidak bosan karena pengunjung akan bernostalgia dengan lagu-lagu lawas yang mereka suka dan untuk anak muda millennial bisa mengetahui bahwa genre musik lawas Indonesia unik-unik dan bagus, apalagi dalam cara penyampaiannya lewat lagu.

Sudah dipastikan dalam mencari angle foto juga bagus karena hanya ada 1 museum yang fokus terhadap pengoleksian musik-musik di Indonesia dan kita bisa mengunjungi museum tersebut di Malang. Tiket masuk hanya 5.000 rupiah. So, bagi yang suka musik kurang afdol kalau belum kesini. Buruan yuk.

4. Stupa Sumberawan

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat yang bagus untuk mengenal sejarah dan sekaligus berwisata dengan alam. Selain nanti pengunjung menemukan objek sejarah berupa stupa, pengunjung juga akan mengetahui bagaimana agama Buddha melakukan ibadah disini dan pastinya tempat ini dikelilingi oleh hutan pinus.

Sehingga tempat wisata ini cocok untuk menghilangkan jiwa yang penat dan bisa digunakan untuk acara. Tempat wisata ini juga cocok untuk pre-wedding, tempat untuk cari foto bagus, dan pastinya tempat ini juga instagramable.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga sudah lengkap dan posisinya juga strategis seperti menuju ke sebuah pedesaan jadi pemandangannya juga bagus tidak kalah seru saat di tempatnya nanti.

Harga masuk hanya 10.000 rupiah dan di hari libur beda harga rupiah (belum parkir motor tambah 2000 dan mobil 4000). Cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari hidup. Silahkan dicoba.

5. Candi Singosari

Tempat wisata sejarah ini pasti sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas sejarah umum maupun buku-buku sekolah. Iya, candi Singosari terletak di Singosari, Kabupaten Malang lebih tepatnya untuk kesana hanya masuk gang sebentar dan nanti pengunjung akan menemukan tempat wisata ini.

Disana pengunjung akan mendapatkan pemandangan candi yang megah dan terkesan artistik sekali. Selain itu, pengunjung bisa melihat di sekeliling candi ada benda-benda peninggalan candi seperti lingga, yoni, dan sebagainya.

Otomatis dengan wilayah dan pemandangan candi yang bagus, tempat wisata ini terkenal instagramable sekali. Tiket masuk seikhlasnya minimal 5000 rupiah belum termasuk parkir. Harga tersebut digunakan untuk perawatan candi. Di wilayah tersebut juga sudah disediakan spanduk informasi mengenai sejarah dari candi itu sendiri. Yuk buruan kesana.

6. Candi Badut

Tempat wisata sejarah ini merupakan salah satu candi di Malang pada masa kerajaan Kanjuruhan dimana letaknya berada di dusun Karang Besuki, Dau, Malang. Bentuk dari candi ini tidak terlalu besar dan arsitekturnya terbilang unik dan bagus.

Banyak relief-relief dari candi tersebut yang bisa dijadikan objek untuk belajar sejarah dan pastinya tempatnya instagramable sekali. Harga masuk seikhlasnya minimal 5000 rupiah (untuk perawatan candi)tanpa bayar parkir. Yuk kesana.

7. Wisma Tumapel Malang

Tempat wisata sejarah ini merupakan salah satu bangunan angker peninggalan Belanda yang sampai sekarang masih eksis dikunjungi oleh pengunjung wisatawan. Hal tersebut karena dalam bangunan ini mempunyai arsitektur dan interior yang bagus, didukung juga oleh pemandangan dari atas bangunan yang cukup mengesankan.

Tempat wisata sejarah ini biasanya digunakan untuk uji nyali dan pemotretan, sekarang bangunan ini adalah milik Universitas Negeri Malang. Lokasi tempat ini berada di dekat Balai Kota Malang dan tempatnya strategis karena tepat di pinggir jalan raya.

Untuk tiket masuk hanya membayar 5000 rupiah dengan menunjukkan KTP atau kartu pelajar pengunjung. Dalam kunjungan ke tempat ini ada aturan-aturan tertentu dan waktu berkunjung hanya boleh sampai jam 17.00 WIB saja. Penasaran?, yuk kesana.

Dari 7 tempat wisata sejarah tersebut, pengunjung tidak akan menyesal dengan objek sejarah yang akan pengunjung temui apalagi bagi pengunjung yang suka sejarah. So, jangan tunggu lagi, langsung kesana cus!.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *