Cara Mendapatkan Uang dari Internet Yang Terbukti dan Mudah Dipahami

Banyak artikel cara mendapatkan uang dari internet di luar sana yang dibahas. Namun disini, kami akan memberikan informasinya secara komprehensif dan realistis, serta bisa anda pahami dengan mudah. Beberapa cara ini sudah terbukti telah menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sudah tidak bisa dielakkan lagi, bahwa lapangan pekerjaan saat ini sudah sangat sempit. Terbukti, tingkat pengangguran semakin tinggi belum lagi kebutuhan hidup yang makin mencekik. Namun, ada secercah harapan yang bisa diandalkan. Harapan itu adalah kemajuan teknologi, lebih spesifiknya teknologi internet.

Sudah banyak sekali yang mampu mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit, bahkan sukses dari memanfaatkan teknologi internet. Internet memberikan solusi yang tidak bisa diberikan oleh pekerjaan konvensional. Waktu, jarak, dan materi atau modal bukan lagi permasalahan dengan hadirnya internet. Pertanyaan utamanya, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang benar-benar terbukti menghasilkan dengan penjelasan yang mudah dipahami?

Yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Sebelum menjawab pertanyaan sebelumnya, dan memasuki pembahasan inti dari cara mendapatkan uang dari internet, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Bisa dianggap, ini akan menjadi modal anda untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

1. Skill Yang Dimiliki

Untuk bisa menghasilkan sesuatu, tentu anda harus memiliki skill. Tidak perlu berpikiran keahlian yang dimaksud adalah wajib paham tentang detail dan teknis soal komputer/laptop atau harus ahli dalam pemrograman.

Inilah yang terkadang menjadi penghambat untuk bisa mendapat penghasilan dari internet. “Ah saya ga bisa pakai internet, saya gaptek”. Tidak, jangan langsung pesimis seperti itu. Anda bisa membaca dan paling tidak tahu cara menjual saja itu sudah cukup dijadikan modal.

Namun, jika anda ahli dalam suatu bidang, jangan sampai disia-siakan. Karena itu akan menjadi nilai plus.

2. Jaringan Internet

Karena kita membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, maka memiliki kuota internet adalah hal wajib. Kuota internet sebagai komponen penting untuk mengakses dunia maya, menghubungkan dengan orang-orang atau kesempatan yang bisa anda dapatkan.

Tidak perlu menyediakan kuota internet puluhan giga, asal bisa untuk mengakses sosial media seperti Instagram, Facebook atau Whatsapp itu sudah cukup. Sebisa mungkin jaringan di tempat anda stabil dan tidak lambat. Namun, koneksi yang bagus dan cepat tentunya akan lebih mempermudah aktivitas anda.

3. Perangkat dan Alat Komunikasi

Anda wajib memiliki perangkat elektronik atau gadget sebagai media untuk terhubung ke internet. Anda bisa menggunakan komputer, laptop atau handphone. Tidak perlu menyediakan perangkat yang canggih. Asal bisa digunakan atau kuat untuk mengakses browser, sosial media dan aplikasi chatting.

Untuk alat komunikasi atau handphone, pastikan lancar untuk digunakan menelepon, berkirim pesan singkat (SMS) juga gambar.

4. Rekening Tabungan Bank

Rekening bank dalam bisnis di internet menjadi hal wajib sebagai sarana transaksi keuangan. Sebab, sebagian besar transaksi tidak dilakukan secara tunai, karena terkendala jarak dan waktu.

Beberapa rekening bank yang banyak digunakan oleh pengguna internet adalah BCA, BRI, BNI dan Bank Mandiri. Bukalah rekening untuk mendapatkan atm dan akan lebih baik jika anda bisa membuka akun internet banking. Jadi, segala transaksi bisa dilakukan dimanapun, tanpa anda harus bolak-balik ke anjungan ATM untuk bertransaksi atau sekedar mengecek saldo.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?

Setelah keempat komponen penting di atas sudah bisa anda sediakan, saatnya untuk mulai action. Apa saja cara untuk mendapatkan uang dari internet? Ada banyak jalan untuk bisa menghasilkan rupiah di internet. Silahkan anda pelajari dan sesuaikan dengan keahlian serta modal yang anda miliki. Berikut daftarnya

1. Berjualan

Menjual barang atau produk adalah cara paling konvensional untuk mendapatkan uang. Namun dengan hadirnya internet, jalannya akan jauh lebih mudah untuk diterapkan. Bahkan anda hanya perlu modal merangkai kata-kata yang tepat agar pembeli bisa segera memborong produk yang anda tawarkan.

Anda bisa menjadi reseller atau dropship, yakni anda menjualkan produk orang lain. Pahami dulu produk dan pasar dari barang yang akan jual, yang selanjutnya tinggal mencari suppliernya. Untuk menjadi reseller, anda diharuskan memiliki modal yang cukup untuk berbelanja produk dari supplier.

Biasanya para supplier mengharuskan anda membeli produk mereka dengan minimal jumlah tertentu, untuk bisa mendapatkan potongan harga lebih murah. Selisih harga untuk reseller dan harga umum inilah, yang menjadi keuntungan anda.

Berbeda lagi jika anda ingin menjadi dropship, yakni anda tidak perlu menyediakan modal untuk berbelanja produk dari supplier. Anda cukup mencari pembeli, dan jika deal pihak supplier yang akan mengurus pengiriman barang tersebut.

Namun, kekurangannya anda tidak bisa benar-benar tahu secara detail produk yang anda jual. Karena produknya tidak berada di tempat anda. Anda hanya bisa memanfaatkan dari foto yang disediakan supplier. Ini yang biasanya kemudian jadi permasalahan, karena terkadang apa yang ada di foto berbeda dengan produk aslinya.

Beberapa produk yang paling laris untuk dijual di internet saat ini yakni produk fashion import dan aksesorisnya, kemudian obat herbal, mainan import hingga produk elektronik atau gadget.

Terkadang ketika anda mencari informasi tentang produk-produk untuk dijual kembali, anda akan menemukan penjualan dengan sistem MLM atau multi level marketing. Berhati-hatilah, karena mayoritas sistem MLM saat ini menawarkan yang manis-manis namun ternyata tetap membutuhkan usaha yang keras.

Terkadang malah lebih keras dan modal dikeluarkan jauh lebih banyak ketimbang menjadi dropship atau reseller. Belum lagi, overclaim yang dilakukan membernya. Kasus ini sudah sering terjadi. Jadi pastikan jika ingin terjun ke dunia MLM, pahami dengan seksama sistem kerja serta produknya.

2. Membuat Produk

Jika modal anda mencukupi, anda bisa membuat produk yang kemudian dipasarkan melalui internet. Beberapa produk yang bisa anda produksi dan dipasarkan di internet yakni produk fisik dan produk digital.

a. Produk Fisik

Anda bisa memproduksi produk fisik semacam kaos, mug, tas atau bahkan makanan. Kaos, mug dan tas, bisa anda produksi dengan bekerja sama dengan percetakan. Jadi anda tinggal membuat desain yang bagus, dan kemudian dicetak ke kaos, mug dan tas.

Carilah informasi tentang apa yang sedang ramai dibicarakan di internet. Contohnya tidak muluk-muluk, seperti ungkapan “Wayahe Wayahee” yang kemudian bisa anda cetak dalam bentuk tulisan di kaos.

b. Produk Digital

Tanpa harus mengeluarkan modal terlalu banyak, anda bisa membuat produk digital. Bisa berupa ebook, desain untuk logo perusahaan atau mengedit foto. Anda juga bisa menawarkan ilmu yang anda miliki dan mengajarkannya ke orang lain, atau yang biasa disebut kursus.

Anda bisa memanfaatkan para reseller atau dropshipper untuk anda ajak kerjasama. Merekalah yang nanti akan menjualkan produk anda. Jadi anda bisa lebih fokus di bagian produksi.

3. Freelance

Anda bisa menjadi pekerja lepas atau freelancer dengan memanfaatkan beberapa website job marketplace. Sudah banyak sekali website-website yang mempertemukan pemilik proyek dan pekerja lepas yang kemudian bisa bekerja sama secara online. Beberapa contohnya yakni project.id, fiverr, sribulancer dll.

Beberapa bidang yang biasanya banyak dicari untuk pekerja lepas secara online ini yakni jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, data entry hingga mengelola halaman resmi sosial media.

4. Publisher Agensi Iklan

Anda bisa juga menjadi seorang publisher sebuah perusahaan agensi iklan. Paling realistis,  yakni anda membuat sebuah website. Kemudian anda mengelolanya agar mendapatkan kunjungan yang banyak setiap harinya. Bisa berupa website berita atau blog.

Ketika website yang anda buat sudah bisa mendatangkan pengunjung yang banyak, anda bisa mendaftar ke sejumlah agensi iklan untuk pemasangan iklan di website anda. Beberapa contoh agensi iklan itu seperti Google Adsense, Bidvertiser, Infolinks, dll.

Untuk membuat website yang banyak dikunjungi orang, anda harus paham tentang penulisan artikel, optimasi website (SEO) dan peka dengan isu-isu yang sedang terjadi di sekitar anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *