Malas Mandi Karena Mager? Hati-Hati, Ini Resikonya!

Mandi adalah salah satu rutinitas wajib yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Tapi bagaimana jika mandi tidak dijadikan priotitas?. Maka yang terjadi otomatis aka nada dampak atau efek yang dirasa jika terus dilakukan secara berkelanjutan.

Berikut ini adalah bahaya jarang mandi yang bisa menyebabkan beberapa hal, antara lain:

1. Rentan Terkena Flu

Kebiasaan jarang mandi membuat pertahanan tubuh menjadi rendah karena kondisi yang tidak bersih dari virus flu, sehingga menyebabkan terkena flu. Saat sedang menderita flu jika jarang mandi juga otomatis malah memperparah keadaan.

2. Tidak akan Mendapatkan Kulit Cerah

Jika anda malas mandi, maka penampilan anda akan menjadi kusam salah satunya dalam hal wajah tidak terlihat cerah. Walaupun anda sudah memakai krim, skincare, dan lain-lain sama saja nanti hasilnya tetap kusam dan kelihatan tidak cerah kulitnya.

3. Kurang Bisa Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Jika anda jarang mandi, otomatis secara tidak langsung tubuh anda memberikan sinyal seperti tidak bisa tidur nyenyak maupun berkualitas. Kadang kelelahan membuat anda menunda untuk mandi. Sehingga debu yang masih menempel di tubuh anda secara tidak langsung membuat anda tidak nyaman dan gampang gelisah.

Akibatnya adalah tidak bisa tidur. Mimpi buruk dan pegal-pegal biasanya yang akan anda alami.

4. Wajah akan Cepat Tua dan Berkerutan

Dengan kebiasaan anda yang jarang mandi, maka secara otomatis akan mempengaruhi kekencangan pada kulit anda dan hal itu bisa dilihat dalam wajah anda. Kulit juga butuh air agar mempertahankan kelembaman sehingga tidak mudah kering maupun berkerut.

5. Terjadi Penumpukan Bakteri dan Jamur

Jika anda jarang mandi, maka jumlah bakteri dan jamur di kulit bisa meningkat dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Air dan sabun mandi bisa membantu anda dalam mengendalikan bakteri jahat di kulit. Bakteri jahat tersebut bisa menyebar melalui hidung, mulut, maupun mata.

Jika diteruskan kebiasaan jelek tersebut bisa memunculkan berbagai jenis penyakit dan infeksi.

6. Bau Badan

Jarang mandi membuat anda mempunyai aroma tubuh yang tidak enak alias bau badan yang tidak enak. Bakteri banyak yang menempel di kulit memproduksi gas yang menyebabkan bau badan. Keringat yang menempel pada permukaan kulit juga membuat bau badan anda tidak enak.

So, mulai jaga kesehatan dari sekarang.

7. Lebih Mudah Terkena Stres dan Depresi

Mandi membuat tubuh anda menjadi rileks dan segar kembali akibat aktivitas sehari-hari yang padat maupun sibuk. Jika anda jarang mandi, maka otomatis otot saraf di tubuh anda akan menegang dan hal tersebut membuat anda mudah terkena stres dan depresi.

8. Kurang Bersemangat dalam Beraktivitas

Dengan anda melakukan mandi setiap hari dan rutin, maka otomatis anda akan bisa semangat lagi, tidak lesu, dan tidak kaku. Sehingga dengan semangat lagi, anda akan bisa melakukan aktivitas lagi dengan penuh rasa semangat.

9. Berguna untuk Detoksifikasi Tubuh

Jika anda jarang mandi, maka racun yang ada dalam makanan dan minuman yang anda konsumsi sehari-hari tidak bisa keluar dan pori-pori kulit menjadi tersumbat oleh lemak, minyak, dan bahan kimia lain. Sehingga perlulah mandi setiap hari agar senyawa yang menutupi pori-pori menjadi hilang dan racun dalam tubuh bisa keluar melalui keringat.

Itulah 9 bahaya jarang mandi yang perlu anda perhatikan agar anda tidak malas untuk mandi. Karena mandi memang suatu kebutuhan dan banyak manfaat maupun positif yang didapat, salah satunya adalah terhindar dari penyakit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *